HAJI PLUS PERMATA SHAFWAHUMROH PERMATA SHAFWAHWISATA MUSLIM PERMATA SHAFWAH

Tata Cara Sholat di Pesawat dalam Perjalanan Jauh

Jamaah umroh dan haji harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 9 jam untuk tiba di tanah suci. Jamaah umroh dan haji tergolong musafir, yaitu orang yang sedang melakukan perjalanan karena Allah sehingga Allah SWT memberikan keringanan dalam menjalankan shalat wajib selama di perjalanan.

Beberapa maskapai menyediakan tempat sholat khusus yang dapat menampung hingga 10 orang. Namun, selain ketersediaan tempat sholat di dalam pesawat, masih banyak hal lain yang harus diperhatikan para jamaah mulai dari tata cara, arah, dan adab sholat selama penerbangan umroh. Shalat selama dalam perjalanan dapat dilaksanakan dengan cara jamak dan qashar.

  1. Shalat jamak

Yaitu mengumpulkan dua shalat wajib dalam satu waktu yang sama. Shalat wajib yang bisa dijamak yaitu shalat dzuhur dengan ashar dan shalat maghrib dengan Isyak. Shalat jamak ini ada dua cara yaitu:

  • Jamak Taqdim, maksudnya mengerjakan shalat Dzuhur dan Ashar di waktu shalat dzuhur dan Shalat Maghrib dan Isya dikerjakan pada waktu Maghrib.
  • Jamak Ta’khir, maksudnya menjamak Dzuhur dan Ashar dikerjakan pada waktu Ashar, dan mengerjakan magrib dengan isya di waktu Isya.
  1. Qashar

Artinya meringkas shalat empat rakaat menjadi dua rakaat (Dzuhur, Ashar, Isya) sedangkan shalat magrib tetap tiga rakaat. Shalat Subuh tidak dapat dijamak ataupun diqashar.

Pelaksanaan sholat tersebut dapat dilakukan selama di dalam pesawat maupun apabila memungkinkan dapat dilakukan di bandara, baik bandara asal jamaah umroh di Indonesia maupun di Bandara tempat pesawat transit di negara ketiga (apabila pesawat tersebut transit) selama tetap memperhatikan waktu sholat setempat.

Berwudhu/Tayamum di Pesawat

Sebelum mengerjakan shalat disyaratkan bersuci atau berwudhu dahulu. Dalam kondisi darurat dan tidak ada air yang mencukupi maka dianjurkan untuk melaksanakan tayamum. Sebenarnya di pesawat masih ada air tetapi ketersediaan air sangat terbatas sehingga dibolehkan bertayamun dengan microdebu di kursi pesawat.

 

Berikut tata cara shalat dalam pesawat:

  1. Dengan posisi duduk di kursi pesawat. Niat sambil Takbiratul ihram
  2. Tangan bersidekap seperti layaknya sholat sambil berdiri, membaca doa iftitah, Surat Al Fatihah dan surat pendek yang dikehendaki.
  3. Ruku’ dilakukan sedikit membungkukkan badan dari posisi duduk sambil berdoa ketika ruku’.
  4. I’tidal dilakukan dengan posisi punggung lurus seperti dalam posisi duduk sambil berdoa.
  5. Sujud dilakukan dengan membungkukkan badan lebih rendah saat ketika ruku’ sebelumnya sambil berdoa.
  6. Duduk antara dua sujud, dilakukan dengan posisi duduk sempurna di kursi pesawat sambil berdoa.
  7. Sujud kembali dengan membungkukkan badan seperti pada sujud awal sambil berdoa.
  8. Duduk kembali dengan sempurna, tangan bersidekap untuk melaksanakan rakaat yang kedua, membaca Surat Al Fatihah dan Surat pendek yang dikehendaki.
  9. Ruku’ dilakukan sedikit membungkukkan badan dari posisi duduk sambil berdoa ketika ruku’.
  10. I’tidal dilakukan dengan posisi punggung lurus seperti dalam posisi duduk sambil berdoa.
  11. Sujud dilakukan dengan membungkukkan badan lebih rendah saat ketika ruku’ sebelumnya sambil berdoa.
  12. Duduk antara dua sujud, dilakukan dengan posisi duduk sempurna di kursi pesawat sambil berdoa.
  13. Sujud kembali dengan membungkukkan badan seperti pada sujud awal sambil berdoa.
  14. Duduk Tasahut Akhir. Duduk dengan sempurna letakkan kedua tangan di atas lutut, lakukan dengan membaca doa tasahut akhir.
  15. Mengucapkan salam sambil menolehkan kepala ke kanan dan ke kiri.
  16. Berdoa dan berdzikir setelah selesai sholat.

Itulah beberapa tata cara shalat dan tayamum di dalam pesawat selama perjalanan. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT, Aamin Ya Rabbal ‘Alamin.

Percayakan ibadah umroh Sahabat Shafwah dengan Permata Shafwah Travel kami berusaha mengedepankan pelayanan yang prima dan program-program yang berkualitas sehingga perjalanan ibadah Sahabat Shafwah lebih bermakna sesuai dengan moto kami “Awesome Journey”. Untuk informasi jadwal umroh dan paket umroh bisa melalui website kami di http://permatashafwahtravel.co.id/jadwal-umroh/

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *