HAJI PLUS PERMATA SHAFWAHUMROH PERMATA SHAFWAHWISATA MUSLIM PERMATA SHAFWAH

Makanan yang Wajib Dicoba di Mekkah dan Madinah

Di Kota Madinah dan Makkah Sahabat Shafwah tidak hanya bisa menikmati wisata rohani dan wisata belanja, tetapi juga wisata kuliner. Kuliner di Madinah dan Makkah sangat beragam dan yang pasti halal dan aman untuk dimakan oleh umat muslim, harganya juga masih masuk akal, tidak jauh berbeda dengan harga kuliner di Indonesia.

  1. Kebab/Shawarma

Jika berkunjung ke negara timur tengah maka jajanan populer yang akan sering kita temui adalah Kebab. Di Arab, kebab biasa disebut shawarma. Kebab berisi potongan kecil daging ayam, kambing, atau sapi, di gabungkan dengan sayuran seperti tomat, bawang bombay, timun, dan selada, lalu dilapisi dengan roti pita yang dipanggang (khubz). Kebab di Madinah dan Makkah agak sedikit berbeda karena ditambah potongan kentang rebus di dalamnya.

 

  1. Falafel

Jajanan asal Arab ini termasuk yang paling populer. Falafel termasuk dalam jenis jajanan karena bentuknya yang kecil dan bisa dimakan dengan mudah, bahkan sambil beraktifitas. Falafel terbuat dari adonan kacang faca dan memiliki rasa pedas dan gurih. Falafel dimasak dengan cara digoreng sehingga teksturnya renyah. Biasanya falafel disajikan dengan topping sayuran, acar,salad dan berbagai saus khas. Saking banyaknya penjual falafel di Arab, makanan ini bisa dikatakan sebagai salah satu jajanan pinggir jalan negeri Saudi.

 

  1. Samosa

Samosa biasanya di goreng atau bisa juga  di panggang. untuk tamu biasanya menjadi cemilan klasik di hidangkan bersama teh di rumah tangga negeri Arab. Bentuk, ukuran, dan ketebalan kulit samosa bergantung tata cara serta resep dan selera orang yang membuat, tetapi bentuknya nyaris selalu segitiga. Samosa dipasarkan di gerai dekat Masjidil Haram Makkah dan Masjid Nabawi Madinah yang dinamakan chaat, dan disajikan bersama saus berbagai rasa seperti saus yogurt, chutney, irisan bawang bombay dan daun ketumbar, serta chaat masala.

 

  1. Roti Paratha

Roti Paratha memiliki banyak nama lain, di Malaysia atau Singapura roti paratha disebut juga roti cane, sedangkan di Indonesia biasa disebut roti maryam atau roti canai. Bentuk dan bahan dasar roti paratha hampir semua sama, yaitu tepung terigu, air, telur dan mentega kemudian dipanggang sampai bewarna kecoklatan.

 

  1. Fast Food Al Baik

Jika lidah masih belum familiar dengan rasa makanan Arab yang kuat dan khas, Sahabat Shafwah bisa mencoba fast food Al Baik. Di restoran Al Baik, banyak menu makanan yang bisa dipilih mulai dari ayam goreng, kentang goreng, burger, sandwich hingga minuman bersoda. Jika biasanya ayam goreng disajikan dengan seporsi nasi maka di restoran ini ayam goreng hadir bersama kentang goreng ataupun roti burger yang dimakan dengan cara disobek.

 

  1. Nasi Biryani

Nasi biryani jadi santapan nikmat yang bisa mengganjal perut di kala tengah melaksanakan ibadah di tanah suci. Nasi biryani sebenarnya berasal dari Persia, kata biryani sendiri memiliki arti goreng atau panggang. Nasi biryani dimasak bersama rempah, sayuran dan disajikan dengan daging kambing atau domba panggang.

 

Nah, itu dia beberapa makanan yang wajib dicoba saat di Mekkah dan Madinah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sahabat Shafwah sebagai referensi sebelum melakukan wisata kuliner di Tanah Suci.

Untuk informasi Paket Umroh dan Jadwal Umroh klik:

https://permatashafwahtravel.co.id/jadwal-umroh/

One thought on “Makanan yang Wajib Dicoba di Mekkah dan Madinah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *