HAJI PLUS PERMATA SHAFWAHUMROH PERMATA SHAFWAH

Awal Mula Tawaf

Tawaf merupakan salah satu dari tiga rukun umroh, namun apakah Sahabat Shafwah sudah tahu alasan dibalik pelaksanaan tawaf dan siapa yang pertama kali melaksanakannya? Ibadah umroh bukan hanya sekedar jalan – jalan atau sekedar memenuhi gaya hidup semata. Namun lebih jauh dari itu, ibadah umroh adalah upaya seorang hamba untuk lebih mendekatkan diri, memohon Ridha dan Ampunan Rabb-nya.

Jauh sebelum Nabi Adam as diciptakan, Allah SWT berfirman kepada malaikat, “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman:

Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” (QS. Al-Baqarah : 30).

Mendengar firman Allah SWT tersebut, malaikat langsung bersujud sambil menangis dan memohon ampun dari murka Allah. Kemudian para malaikat tawaf mengelilingi Arsy dalam rentan waktu yang cukup lama. Karena Arasy Allah SWT yang terlalu besar dan luas, Allah SWT Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang lalu menciptakan Baitul Makmur tepat di bawah Arsy untuk tempat para malaikat melaksanakan tawaf.

Para malaikat mengerjakan tawaf silih berganti siang dan malam sehingga tidak kurang dari 7000 malaikat yang tawaf mengelilingi Baitul Makmur setiap harinya, bahkan menurut riwayat, ada di antara malaikat yang hanya dapat tawaf sekali saja, dan tidak dapat lagi mengelilingi tawafnya karena sesaknya Baitul Makmur yang dibangun oleh  Allah SWT.

Untuk malaikat yang bertugas di Bumi, Allah SWT memerintahkan untuk membuat bangunan yang mirip dengan Baitul Makmur yang mana fungsinya juga sama, yakni untuk tawaf para manusia di bumi.  Maka dengan sifat Rahman dan Rahim  Allah SWT memberi perintah  kepada malaikat untuk membangun bangunan  Ka’bah yang ada di bumi. Hingga akhirnya Allah SWT menciptakan Baitul Makmur untuk tempat bertobat para penghuni langit dan Ka’bah di bumi sebagai tempat bertobat para penghuni di Bumi.

Setelah sekian lama tinggal di bumi dengan senantiasa berharap turunnya rahmat dan ampunan Allah SWT, pada suatu hari Nabi Adam mendapat perintah dari Allah SWT untuk melaksanakan tawaf di tanah suci Mekkah. Sesampainya di Mekkah Nabi Adam melaksanakan tawaf bersama para malaikat yang sudah terlebih dahulu berada di sana. Ketika Nabi Adam bertawaf di Baitullah dan sampai ke Multazam, malaikat Jibril berkata, “Wahai Nabi Allah, akuilah semua dosamu di tempat ini kepada Tuhanmu”.

Nabi Adam berkata, “Wahai Tuhanku, sesungguhnya setiap makhluk yang beramal shalih mendapat ganjaran. Sungguh aku telah beramal, apakah ganjaranku?”

Allah mewahyukan kepadanya, “Aku ampuni engkau atas dosa-dosamu.”

Nabi Adam berkata, “Wahai Tuhanku, juga untuk cucu-cucu keturunanku?

Allah mewahyukan kepada Nabi Adam, “Wahai Adam, siapa saja di antara keturunanmu yang datang ke tempat ini dan mengakui dosa-dosanya, bertobat sebagaimana engkau bertobat dan memohon ampun, niscaya Aku ampuni.

Setelah ribuan tahun sejak Ka’bah dibina oleh malaikat, akhirnya Allah SWT memerintahkan Nabi Ibrahim AS dan putranya, Nabi Ismail AS untuk memakmurkan Mekkah sebagai pusat ibadah umat muslim yang ada di dunia. Dan akhirnya hingga sekarang dikenal dengan ibadah taawaf saat haji dan umroh.

Itulah awal mula dari salah satu rukun umroh yaitu tawaf. Semoga kita diberikan kesempatan untuk berkunjung ke Baitullah, Aamiin ya rabbal ‘alamin. Pertama Shafwah Travel menyediakan paket umroh di bulan Desember bagi Sahabat Shafwah yang ingin melaksanakan ibadah umroh bersama keluarga maupun kerabat. Segera daftarkan diri Anda melalui website kami di: http://permatashafwahtravel.co.id/jadwal-umroh/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *