INFO SHAFWAH

Abu Bakar Ash-Shiddiq

Abdullah bin Abu Quhafah atau yang lebih dikenal dengan Abu Bakar Ash-Shiddiq. Nama lahir Abu Bakar adalah Abdul Ka’bah (artinya ‘hamba Ka’bah’), yang kemudian diubah oleh Nabi menjadi Abdullah (artinya ‘hamba Allah’).

Nabi memberinya gelar yaitu Ash-Shiddiq (artinya ‘yang berkata benar’) setelah Abu Bakar membenarkan peristiwa Isra Mi’raj yang diceritakan Nabi kepada para pengikutnya, sehingga ia lebih dikenal dengan nama “Abu Bakar ash-Shiddiq”

Wafat : 23 Agustus 634/21 Jumadil Akhir 13 H)

Abu Bakar ash-Shiddiq adalah salah satu pemeluk Islam awal, salah satu sahabat utama Nabi, dan khalifah pertama sepeninggal Nabi Muhammad mangkat, yang menjadikannya sebagai khalifah pertama umat Islam.

Abu Bakar ash-Shiddiq menjabat Khalifah selama 2 tahun, 76 hari (8 Juni 632 – 23 Agustus 634) setelah itu di gantikan oleh ‘Umar bin Khattab. Bersama ketiga penerusnya, Abu Bakar dimasukkan ke dalam kelompok Khulafaur Rasyidin.

Sebagai pemeluk awal Islam, Abu Bakar telah mengambil berbagai peran besar. Melalui ajakannya, Abu Bakar berhasil mengislamkan banyak orang yang di kemudian hari menjadi tokoh-tokoh penting dalam sejarah Islam, di antaranya adalah ‘Utsman bin ‘Affan yang kemudian menjadi khalifah ketiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *